Thursday, March 25, 2010

Ayuk..?

Sebuah renungan yang di kemas lebih menarik dari biasanya, yaitu dengan ilustrasi yang berbeda (diambil dari renuangan harian), mengingatkan ku sekali lagi untuk ambil bagian menjadi tubuh Kristus. Salah satunya didalam sebuah relasi, baik pertemanan atau yang lainnya, bersama sama melewati hari2 yang berat dimana kita di tuntut untuk melawan arus dan menjadi terang untuk sekitar kita. Mau? yuuuuuk.. X)


Percobaan AschBacaan hari ini: Roma 12:1-20
Ayat mas hari ini: Roma 12:2
Bacaan Alkitab Setahun: Yosua 19-21; Lukas 2:25-52

Pada tahun 1950-an, Solomon Asch, seorang psikolog Amerika melakukan percobaan mengenai tekanan lingkungan. Sekelompok orang dikumpulkan dalam satu ruangan. Satu orang dari mereka merupakan sang objek penelitian. Dan tanpa diketahui sang objek, sesungguhnya semua anggota lain dari kelompok tersebut adalah anggota tim Asch sendiri.
Di ruangan itu mereka diminta berpendapat secara bergantian, tentang beberapa ruas garis yang tidak sama panjang. Urutannya diatur sedemikian rupa, sehingga sang objek penelitian menjawab paling akhir. Maka, Asch menemukan bahwa jika semua orang berkata bahwa garis-garis itu sama panjang, walau jawaban itu salah, si objek penelitian cenderung ikut menjawab demikian. Namun, jika setidaknya satu orang menjawab benar, si objek penelitian jadi berani menjawab dengan benar.
Percobaan ini menunjukkan betapa tidak kuatnya seseorang kalau harus melawan arus sendirian. Meskipun ketika ia tahu bahwa mengikuti arus berarti ikut salah, tetapi ketika ada orang lain yang menemaninya, ia akan menjadi jauh lebih berani. Hasil ini membuat kita lebih mengerti mengapa perintah Tuhan untuk kita tidak menjadi serupa dengan dunia disampaikan dalam konteks komunitas. Kata “kamu” di Roma 12:2 merujuk kepada komunitas orang percaya, bukan individual. Kita tidak disuruh berjuang sendirian.
Karena itu, penting bagi kita untuk mempunyai dan terus hidup dalam persekutuan—terutama persekutuan yang memiliki relasi dalam, di mana kita bisa berbagi beban dan berjuang bersama sebagai anak Tuhan. Dan bergandengan tangan, kita dapat melawan arus dunia.
KETIKA ANAK TUHAN ADA BERSAMA-SAMA DAN SEPAKAT
MAKA KITA DAPAT MENJADI BERBEDA DENGAN DUNIA INI

No comments:

Post a Comment

Hi,please drop your comments. Feel free to give comments, critiques, or give some advice. Cheers!