Friday, May 27, 2011

"Finally..."

kata yang sama aku ucapkan 4 taun lalu.

Sekitar 4 taun lalu, setelah perjuanganku belajar sendiri dan melewati ujian O level dan disertai perjuangan ujian As level, aku lega dan senang. Melihat kembali semua pertengkaran dengan pemimpin sekolah yang menentang rencanaku untuk keluar sekolah lebih awal dan menuju ke jenjang yang lebih tinggi, mereka sangat menyayangkan atas keputusanku untuk mengambil jurusan desain. Masih teringat, salah satu dari mereka berkata "I want to see you to be a scientist, not a designer. It's like a waste." Tapi aku bersi kukuh pada tujuanku. Singkat cerita, aku puas sudah menyelesaikan ujian akhir dengan baik. Waktu itu aku merasa berhasil untuk merebut "tiket" keluar dari sekolah (well, teman2 bbcs pasti mengerti apa yang terjadi dulu.. hahaha..) dan meninggalkan ijasah A level yang sebenarnya tinggal sedikit lagi.

Tujuan berikutnya: melanjutkan studi di LASALLE (jurusan Design Communication)
Deadline: 4 taun

Dulu, mengambil jurusan business dan yang berbau ilmiah sepertinya bukan pilihan buat ku. Aku memilih desain hanya berdasarkan hobby meng-edit foto dan kesenanganku pada menggambar dan seni, tanpa tau bagaimana sebenarnya industri ini berjalan. Taun pertama, foundation year, adalah taun yang 'menampar' dimana aku menyadari bahwa ada sangat sangat sangat banyak skill dan pengetahuan yang harus aku kejar untuk bisa bertahan di dunia ini. Aku nyaris keluar dan ingin pindah jurusan akutansi atau psikologi, tapi dengan segala pertimbangan yang ada aku memilih untuk melanjutkan di dunia seni ini. Taun kedua, level 1, aku mulai focus pada bidang yg sudah ku pilih (desain grafis) dan membangun skill sedikit demi sedikit. Taun ketiga, level 2, aku mulai mengerti betapa berat dan susahnya tuntutan guru dan industri desain yang meminta ide terbaik dan bukan ide yang baik. Taun terakhir, level 3, adalah taun terberat karena kami harus memberikan diri sendiri standard dan batasan untuk memulai dan menyelesaikan projects pada sebuah design issue (dengan menggunakan pengetahuan dan skill yang sudah diraup selama 3 taun sebelumnya). Pada akhirnya, aku menyimpulkan bahwa industri desain bukanlah hal yang mudah.

Memang, mereka bilang kami ini freak, kami memilih seni karena tidak bagus pada bidang akademis, dan pernyataan2 miring lainnya yang menyepelekan industri ini. Lalu aku? Aku cuman tertawa pada  mereka dan berkata dalam hati: look around you, it's all designed. You are actually consuming our work. Well, sudah jangan di teruskan dah. (aku ga bermaksud menyepelekan jurusan lain, cuman aku sebal sama orang2 yang bilang begitu, hahaha.. beberapa taun lalu jg ada postingan mirip, click here) Yang pasti, aku bangga menjadi bagian dari LASALLE, dimana mereka menyebut kami "creative people" meskipun aku sendiri ga terlalu pede dalam hal kreativitas.

And now.. here I am, 4 years later. Tujuanku 4 taun lalu sudah tercapai dengan baik (walau melewati segunung tantangan, ber-ember ember tangisan, dan berliter liter keringat #lebay), and all I can say is finally, it is over.

Tujuan berikutnya: sukses dalam karir, memaximalkan pelayanan di gereja, dan menemukan dan melaksanakan tujuan hidup.
Deadline: not sure, about 5years.

Well, jalan berikutnya sepertinya tidak akan lurus. Aku memutuskan kembali ke negaraku tercinta, Indonesia, tanpa memiliki pengalaman kerja di negri ini. Berkali kali datang rasa yang menyayangkan keputusanku untuk langsung kembali ke tanah air karena kesempatan untuk berkarir dengan baik sudah di depan mata. Tapi tetap, adanya dorongan kuat untuk pulang dan 'berkarya' disana meneguhkanku untuk pulang. Aku senang dan takut pada saat yang sama, mirip yang kurasakan 4 taun lalu. I believe it's going to be another mountains of sweat, tears, and joy.

Mengingat 'teguran' Papi dari saat teduh kemarin (tepat setelah berakhirnya opening LASALLE show), 1 prinsip yang harus aku pegang selama sekitar 5 taun kedepan:
Sebab itu tempuhlah jalan orang baik, dan peliharalah jalan-jalan orang benar (Amsal 2:20)

Now that i've chosen the path that's not taken, I know it's not going to be easy. Holding on to God's words and hand is my only choice. So please, guide me, Lord. Please, give me stregth, Your wisdom, and joy of heaven.

What about your journey, friends? Ciayo!! God bless :D


Note: Congratulations to all graduates. Thank you so much to all the lecturers (Shuang Shuang, Andri, Colin, Jessica, Shannon, Eugene, Kevin, Tito, Hidayah, Joselyn, and Stanley). Thank you so much for mom and dad, sister, dika, PUB friends, dudud, who were there and supported along my journey.

1 comment:

Hi,please drop your comments. Feel free to give comments, critiques, or give some advice. Cheers!