Thursday, January 21, 2010

Menjadi orang yang bijak. :)

Sebuah renungan untuk hari ini, hal yang ingin aku sampaikan untuk teman2 atau siapa saja yang membaca postingan ini. Diambil dari Renungan Harian. Jadilah bijak, jangan buta dan mengeraskan hati. God bless. =)



NasihatBacaan hari ini: Amsal 6:20-24
Ayat mas hari ini: Amsal 6:20
Bacaan Alkitab Setahun: Keluaran 1-3; Matius 14:1-21

Seorang gadis Indonesia berpacaran dengan pria Belanda, lewat situs jodoh di internet. Usia si gadis 25 tahun. Pacarnya 55 tahun. Karena sudah dua kali bercerai, si pria “tidak lagi percaya pada pernikahan.” Jadi si gadis diminta hidup bersamanya tanpa menikah. Alasannya? “Pernikahan hanya status. Hanya selembar kertas. Tak menjamin kebahagiaan kita.” Sang gadis setuju, karena lagi tergila-gila. Keberatan dari orangtuanya dianggap kuno. Nasihat dari teman-teman gereja dan pendeta tak digubris. “Saya sudah berdoa!” katanya. “Saya yakin Tuhan menjodohkan saya dengan belahan jiwa saya itu.”

Saat seseorang berambisi mencapai sesuatu, biasanya ia buta. Tak dapat menilai dengan objektif; tak mampu membaca kehendak Tuhan. Saat itulah ia perlu mendengar nasihat orangtua atau mereka yang dewasa rohani. Nasihat mereka harus dipelihara, tidak disia-siakan, sebab Tuhan kerap menyatakan kehendak-Nya melalui mereka. Tuhan bisa juga memakai penilaian bijak mereka untuk menerangi jalan seseorang. Penulis Amsal menggambarkan nasihat mereka ibarat pelita atau cahaya yang menerangi kebutaan diri. Melindungi orang dari bahaya mengambil jalan yang salah.

Apakah Anda sedang bergumul untuk mengambil keputusan penting? Apakah Anda sedang mencari kehendak Tuhan? Selain berdoa dan bergumul secara pribadi, bukalah telinga dan hati bagi pendapat orang lain. Mintalah nasihat orangtua, juga orang kristiani lain yang mengenal Anda dengan baik. Pengalaman dan pergumulan mereka dengan Tuhan bisa memberi Anda nasihat bijak. Memang tidak setiap nasihat mereka dapat disamakan dengan kehendak Tuhan. Namun, nasihat mereka tak dapat diabaikan.

BANYAK ORANG MEMBERI NASIHAT. NAMUN HANYA ORANG BIJAK YANG BISA MEMANFAATKANNYA

No comments:

Post a Comment

Hi,please drop your comments. Feel free to give comments, critiques, or give some advice. Cheers!